BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
E-LEARNING
Disusun Untuk Menempuh Mata Kuliah
Multimedia Pembelajaran
Dosen pengampu:
Dra. Mindaudah, M.Pd.
Disusun oleh :
Kelompok 8
VIVIT FARIDA (126747)
ZULIA TRISDIANA (1267)
SILVIA ANGGRAINI (1267)
KELAS : 2012 B
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
JOMBANG
PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
2015
Kata Pengantar
Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada tuhan
Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmatnyalah maka kami dapat menyelesaikan
sebuah karya tulis berupa makalah dengan tepat waktu. Berikut ini kami
mempersembahkan sebuah makalah dengan judul“Blog Sebagai Media Pembelajaran E-Learning ” yang menurut kami dapat memberikan manfaat bagi kita untuk
mempelajari mata kuliah Multimedia Pembelajaran. Melalui kata pengantar ini
kami lebih dahulu meminta maaf dan memohon permakluman karena setiap insan
pasti tidak ada yang sempurna, maka apabila isi makalah ini ada kekurangan dan
ada tulisan yang kurang baik atau kurang tepat harap makhlum karena kami semua
masih proses belajar.
Sebelumnya terima saya
ucapkan kepada :
1. Bapak Winardi SH.M.Hum.Selaku ketua STKIP PGRI
Jombang,yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk dapat kuliah di
STKIP Jombang.
2.
Ibu
dosen Mindaudah, M.Pd,selaku dosen pembimbing matakuliah Pembelajaran Multimedia.
Terima kasih atas bimbingannya karena sebelum kami mengerjakan makalah, ibu
dosen telah banyak memberikan teori dan
arahan kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.
3.
Teman
–teman semua, khususnya kelompok tim yang membuat makalah ini, sudah ikut
berpartisipasi dan bekerjasama dengan baik.
4.
Dan
teman-teman yang lain , yang ikut memberikan motivasi kepada kami.
Dengan ini kami mempersembahkan makalah ini dengan penuh rasa terima
kasih dan semoga Allah SWT memberkahi makalah ini sehingga dapat memberikan
manfaat bagi kita semua.
Jombang, Mei 2015
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ................................................................................... i
DAFTAR ISI ................................................................................................ ii
BAB I ........................................................................................................... 1
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang..................................................................... 1-2
B. Rumusan
Masalah.............................................................. 2
C. Tujuan ...................................................................... 2
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Blog sebagai media pembelajaran E-Learning ....................... 3-5
B. Pengertian E-Learning ........................................................... 5
C. Sejarah Blog berbasis Internet ................................................ 5-6
D.
Pengertian Blog
............................................................................... 6
E. Manfaat dan fungsi blog ...................................................... 6-7
F. Kelebihan dan kekurangan Blog ............................................... 7-9
sebagai media pembelajaran E-Learning
G.
Jenis-jenis blog ....................................................................... 10
H.
Langkah –langkah membuat Blog .................................................
10-12
BAB III
PENUTUP
A.
Simpulan ................................................................................. 13
B.
Saran ............................................................................................. 14
DAFTAR PUSTAKA .................................................................................... 15
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan sebaiknya harus
mampu membangun sumber daya manusia yang memberikan perhatian pada peningkatan
kualitas pembelajaran. Oleh karena itu, kebijakan dalam bidang pendidikan
diarahkan kepada penyiapan sumber daya manusia yang mampu menghadapi tantangan
masa depan secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan seluruh aspek yang
ada.
Dalam hal yang demikian, perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi (TIK) yang sangat pesat telah berpengaruh terhadap berbagai aspek
kehidupan manusia, termasuk dalam interaksi antara guru dan peserta didik.
Interaksi tersebut memerlukan dukungan media instruksional yang inovatif,
kreatif, tepat, dan efektif. Salah satu media yang dimaksud adalah penerapan
media pembelajaran berbasis internet.
Berbagai penelitian tentang manfaat internet menunjukkan bahwa
bahan ajar yang dikemas dalam bentuk media berbasis internet dapat meningkatkan
kualitas pendidikan. Namun demikian, media pembelajaran berbasis internet dan
pemanfaatanya berupa e–learning masih belum banyak diterapkan guru dalam
pembelajaran. Oleh karena itu, kesadaran untuk lebih memberikan perhatian pada
peningkatan kualitas media pembelajaran berbasis internet perlu ditumbuhkan.
Pemanfaatan internet dalam pembelajaran, dalam hal ini adalah semua
pembelajaran, sudah menjadi keharusan yang tidak dapat ditunda-tunda lagi.
Berbagai aplikasi internet sudah tersedia dan siap disambut untuk dimanfaatkan
secara optimal oleh guru sebagai sarana penyampaian materi pembelajaran. Untuk
itu, tersedia berbagai aplikasi sesuai fungsinya dalam pendidikan. Salah satu fungsi TIK ialah , sebagai media pembelajaran merujuk pada fungsi
tersebut guru dituntut untuk memiliki kecakapan untuk mewujudkan pembelajaran
berbasis internet. Tanpa adanya kemauan, kreativitas, dan kesungguhan guru,
serta dukungan pihak sekolah, kemajuan dalam bidang e-learning tidak
akan memberikan dampak apapun dalam peningkatan kualitas pembelajaran.
Atas dasar pemikiran tersebut, dipandang
perlu mengembangkan media pembelajaran berbasis blog sebagai media penyampai
pesan dalam pembelajaran yang dapat dipelajari secara mandiri untuk mengatasi
salah satu permasalahan mengajar. Posisi blog yang dikembangkan disini hanya
bersifat web centric course atau penggunaan internet yang
memadukan antara belajar jarak jauh dan tatap muka (konvensional). Sebagian
materi ditampilkan melalui internet, dan sebagian lagi melalui tatap muka.
Fungsinya saling melengkapi atau sering disebut komplementer .Dalam model ini
pengajar bisa memberikan petunjuk pada siswa untuk mempelajari materi pelajaran
melalui web yang telah dibuatnya. Siswa juga diberikan arahan untuk mencari
sumber lain dari situs-situs yang relevan. Dalam tatap muka, peserta didik dan
pengajar lebih banyak diskusi tentang temuan materi yang telah dipelajari
melalui internet tersebut. Diharapkan dengan dikembangkannya media blog ini
dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman baru bagi pelajar khususnya pada semua mata pelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, maka dalam makalah ini akan dipaparkan lebih
detail tentang penggunaan media berupa blog sebagai media pembelajaran
E-Learning di dunia pendidikan. Melalui internet, pembelajaran sastra menjadi
semakin menarik sehingga peserta didik diharapkan lebih aktif dalam belajar dan
termotivasi untuk mencari sesuatu yang baru. Hasil akhir dari hal tersebut
berupa peningkatan prestasi peserta didik dalam pembelajaran, khususnya dalam
bidang pendidikan.
B.
Rumusan Masalah
Dari latar belakang tersebut , terdapat beberapa rumusan masalah
anatara lain :
1. Bagaimana peran blog sebagai media
pembelajaran E-Learning?
2. Bagaimana sejarah pada awal
munculnya Blog berbasis itnternet?
3. Apa pengertian blog dan apa saja jenis-jenis blog?
4. Apa manfaat dan fungsi blog sebagai media
pembelajaran?
5. Apa kelelebihan dan kelemahan dalam
menggunakan Blog sebagai media pembelajaran E-Learning?
6. Bagaimana langkah-langkah membuat Blog ?
C.
Tujuan
1.
Untuk mengetahui bagaimana peranan blog sebagai media pembelajaran.
2.
Untuk mengetahui sejarah pada awal munculnya Blog berbasis itnternet.
3.
Untuk memahami pengertian dari blog dan jenis-jenis blog.
4.
manfaat dan fungsi blog sebagai media pembelajaran
5.
Untuk mengetahui dan
memahami kelebihan dan kelemahan dalam menggunakan Blog
sebagai media pembelajaran E-Learning.
6.
Untuk mengetahui dan
memahami langkah-langkah membuat blog berbasis internet.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Blog sebagai media pembelajaran
E-Learning
v
Pengertian media
Media adalah alat bantu apa saja yang dapat
dijadikan sebagai penyalur pesan guna
mencapai tujuan pengajaran . Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang
dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk membantu pendidik dalam
menyampaikan informasi kepada peserta didik guna mencapai tujuan pembelajaran. (Syaiful
dan Aswan : 121)
Media (singular medium) berasal dari bahasa
latin yang berarti antara atau perantara, yang merujuk pada sesuatu yang dapat
menghubungkan informasi antara sumber dan penerima informasi. media sebagai
sebuah saluran (channel) komunikasi. Heinin, Molenda, Russell, dan Smaldino
(2002) .
Selanjutnya, media juga dipandang sebagai
bentuk-bentuk komunikasi massa yang melibatkan sistem simbol dan peralatan
produksi dan distribusi (Palazon, 2000 dalam http://dowaen.wordpress.com/blog-sebagai-media-belajar-by-okta).
Media pembelajaran, instructional media, adalah peralatan fisik yang dapat
digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik (Reiser
& Dempsey, 2002 dalam (Palazon, 2000 dalam
http://dowaen.wordpress.com/blog-sebagai-media-belajar-by-okta).
Media pembelajaran tersebut tidak harus
berupa manusia (model), materi (buku teks), dan peristiwa (kejadian) yang
membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan,
keterampilan, atau sikap. Begitu juga ,materi tidak hanya di dapat dari buku
teks saja, kita dapat memanfaatkan media sosial sebagai sumber belajar kita.
Salah satu media sosial yang dapat berbagi informasi adalah blog.
(http://aguspur.staff.uns.ac.id/files/.../blog-sebagai-media-pembelajaran2.pdf)
èKesimpulan : Dari beberapa pendapat diatas ,jadi kami
menyimpulkan , media pembelajaran ialah alat bantu atau perantara , yang
digunakan oleh pelajar dan pendidik untuk memperoleh informasi,yang berguna
untuk meninggkatkan kualitas belajar yang bermutu.
v
Peranan blog sebagai media pembelajaran E-Learning.
Pada zaman moderen ini media pembelajaran
sudah tidak lagi sulit untuk didapatkan. Banyak media yang dapat dipergunakan
oleh orang-orang yang berkecimpung didunia pendidikan untuk menunjang
terlaksananya suatu proses pendidikan tersebut. Salah satu media yang sering
dan mungkin sudah lumrah dikalangan masyarakat ataupun siswa yaitu internet.
Internet
telah menjelma menjadi sumber informasi yang lengkap, mudah, dan cepat untuk
diakses oleh siapapun dan dimanapun. Pesatnya perkembangan IT, khususnya internet,
memungkinkan pengembangan layanan informasi yang lebih baik dalam suatu
institusi pendidikan. Di lingkungan perguruan tinggi, pemanfaatan IT lainnya
yaitu diwujudkan dalam suatu sistem yang disebut electronic university
(e-University).
Bagi Indonesia, manfaat-manfaat yang
disebutkan di atas sudah dapat menjadi alasan yang kuat untuk menjadikan
Internet sebagai infrastruktur bidang pendidikan. Untuk merangkumkan manfaat
Internet bagi bidang pendidikan di Indonesia: Akses ke perpustakaan; Akses ke
pakar; Melaksanakan kegiatan kuliah secara online;Menyediakan layanan informasi
akademik suatu institusi pendidikan; Menyediakan fasilitas mesin pencari data;
Meyediakan fasilitas diskusi; Menyediakan fasilitas direktori alumni dan
sekolah;Menyediakan fasilitas kerjasama; dan lain – lain.
Tetapi disisi lain penggunaan internet
banyak disalah gunakan seperti membuka situs-situs jejaring sosial, terlalu
banyak chatting, friendster-an, bermain game online, dan mengakses pornografi yang
sebenarnya kurang bermanfaat.
Padahal bila diikuti dengan baik ada
sebuah teknologi di internet yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan
pendidikan dan menunjang proses pembelajaran itu yaitu blog
Dalam perkembangannya, dunia pendidikan
di Indonesia telah banyak mengalami perubahan kurikulum. Dari penerapan
kurikulum yang proses belajar mengajarnya berpusat pada guru, sampai dengan
kurikulum yang proses belajar mengajarnya lebih berpusat pada siswa. Hal ini
terjadi karena pemerintah ingin menerapakn suatu sistem pendidikan
yang dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh setiap siswa. Saat
ini pemerintah telah menerapkan suatu sistem pendidikan yang menggunakan
kuriulum yang dikenal sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Dimana penerapan kurikulum ini diharapkan dapat memberikan kebebasan pada guru
untuk merencanakan pembelajaran sesuai dengan lingkungan dan kondisi siswa
serta kondisi sekolah berada. Hat tersebut menuntut siswa untuk mencari
informasi dan materi-materi pelajaran seluas mungkin.
Sayangnya, sumber ilmu pengetahuan yang
para guru dan siswa miliki untuk menunjang proses pembelajarannya relatif
sedikit. Buku-buku teks pelajaran yang dimiliki oleh sekolah jumlahnya pun
terbatas. Maka dari itu untuk mendukung kegiatan tersebut maka diperlukan suatu
media belajar yang dapat dipergunakan siswa untuk mencari suatu sumber
belajar agar kurikulum yang telah ditetapkan ataupun diberlakukan dapat
terealisasi dengan baik.
B. Pengertian E-Learning
Sistem
pembelajaran elektronik atau e-pembelajaran
(Inggris: Electronic learning disingkat E-learning) dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk
teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah
maya
E-Learning atau yang disebut dengan
Elektronik Learning adalah piranti
elektronik online yang digunakan dalam berkomunikasi dalam sistim berbasis
internet. E-Learnig adalah salah satu media pembelajaran yang sudah berkembang
saat ini khususnya dalam bidang pendidikan dan pengajaran. Jika waktu-waktu
sebelumnya peserta didik dan pendidik dalam proses belajar mengajar hanya dapat
berlangsung tatap muka yang dibatasi oleh sekat waktu dan ruang, kini dengan
adanya E-learning mereka dapat belajar sistim jarak jauh salah satunya ialah
blog pembelajaran . (Aunurrahman :229)
Dalam kurikulum 2013 siswa dituntut untuk
kreatif dan mandiri. Guru hanya sebagai fasilitator. Dengan adanya blog, siswa
dapat secara mandiri mencari sumber-sumber untuk belajar. Semakin banyak
membaca maka akan semakin bertambah wawasannya. Seorang guru juga dapat
memanfaatkan blog untuk memposting bahan-bahan ajar yang nantinya diperlukan
oleh siswa. Hal tersebut dapat berupa materi atau tugas. Sehingga siswa
dituntut untuk mandiri mencari di blog dan secara tidak langsung mereka
dikenalkan dengan media sosial.
C. Sejarah Blog berbasis internet
Di zaman yang serba modern ini,hampir setiap
pengguna internet di Indonesia membicarakan mengenai Blog . Istilah Weblog yang kemudian disingkat menjadi Blog sebenarnya
mulai dikenal sejak tahun 1997, namun baru populer pada tahun 2000. Blog
pertama kemungkinan besar adalah halaman What’s New pada browser Mosaic yang
dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama
sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Netscape . Kemudian pada
Januari 1994, Justin Hall memulai website pribadinya Justin’s Home Page yang
kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut
sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Pada Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama
Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com yang
memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan
Blog-nya sendiri secara online dan gratis.Semenjak itu blog makin hari makin
bertambah.
D.
Pengertian Blog
Blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan
(yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini
sering kali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian
diikuti isi yang lebih lama),meskipun tidak selamanya demikian.Saat ini, Blog
sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia WWW (World Wide Web ) dan
dunia per-internet-an. Blog sudah mulai dijadikan sebagai sumber berita oleh
koran-koran,majalah, radio, bahkan televisi juga sudah.
(www.academia.edu/3626399/Blog_sebagai_media_pembelajaran)
Menurut Wikipedia istilah blog adalah
singkatan dari weblog atau web log merupakan bentuk aplikasi web yang
menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah web umum.
Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu
baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.
Mengarang blog, memelihara sebuah blog atau menambahkan artikel ke blog yang
sudah ada disebut “blogging“. Masing-masing artikel pada sebuah blog
disebut “tulisan blog”, “tulisan” atau “masukan”. Orang yang menulis atau
memasukkan dan memelihara tulisan di blog disebut “blogger“. Sebuah blog
terdiri dari teks, hypertext, gambar, dan link (ke halaman web dan video, audio
dan file lainnya). Blog menggunakan dokumentasi dengan gaya percakapan.
(http//:www.wikipedia.com)
E. Manfaat dan fungsi blog.
Blog mempunyai fungsi dan manfaat blog
sangat beragam antara lain :
1. Untuk sharing sebuah sebuah catatan harian.
§
Untuk sharing sebuah sebuah catatan harian, media publikasi dalam
sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media promosi jasa atau
barang ,perusahaan-perusahaan dan lain-lain .
2. Sebagai media interaksi
§
Sebagai media interaksi untuk menambah teman atau kerabat dengan
para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat
memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari
tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau
yang bersifat non-interaktif. Sebagian blog digunakan oleh seorang penulis
tunggal, dan bisa juga digunakan oleh beberapa penulis.
3. Banyaknya platform blog yang tersedia
§
Banyaknya platform blog yang tersedia untuk semua orang dan dapat
di manfaatkan secara baik, diantaranya blogspot, wordpress, blogdetik,
kompasiana dan lain sebagainya. Sehingga tidak membuat orang
bosan dan akan tertarik
4. untuk proses belajar mengajar.
§
Blog sebagai salah
satu layanan aplikasi dari internet dapat dimanfaatkan oleh pengajar dan
pebelajar sebagai sumber belajar yang tidak terbatas.
§
Pengajar dapat
meng-uploadsemua informasi yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang
diajarkan dengan menambahkan multimedia (gambar,animasi, efek suara dan video)
agar menarik dan lebih mudah dipelajari.
§
Pelajar dapat
men-download informasi yang sesuai dengan topik dan tujuan yang diinginkan.
5. Untuk memotivasi pebelajar dalam mempelajari sesuatu
§
Penggunaan Blog
sebagai sebagai media pembelajaran sekaligus sebagai sumber belajar sedikitnya
akan mengubah cara belajar dan teknik pembelajaran agar tidak monoton
sehingga dapat memotivasi pebelajar dalam mempelajari sesuatu.
(http//:e-journaldigilib.uin
suka.ac.id//BAB%20I,%20V,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf)
F. Kelebihan dan kekurangan Blog sebagai
media pembelajaran E-Learning.
Blog merupakan wabah baru didunia
internet saat ini, jadi sebelum ada melakukan blogging tidak ada salahnya kalau
pengguna melihat beberapa pertimbangan kelebihan dan kekurangan blog.
Ø Kelebihan blog
1. Selain karena sifatnya yang ada dalam
jaringan internet, beberapa kelebihan dari blog lainya adalah sifatnya berdiri
sendiri sebagai media.
2. Pengguna blog bebas dan cenderung
penggunaan bahasa non-formal yang baik dan positif yang dipakainya.
3. Blog memungkinkan terjadinya interaktifitas
antara sumber dengan penerima informasi. Informasi yang disampaikan akan
langsung direspon, ditambahi, dikoreksi dan diperkaya oleh orang lain. Oleh
karena itu, suatu topic mungkin bisa menjadi lebih menarik dengan adanya
diskusi antara blooger dengan pengunjung weblognya.
4. Weblog adalah media yang digunakan secara
personal, baik individual maupun institusional. Tidak ada persyaratan personal
yang diberikan dari orang lain untuk bisa memiliki dan mengelola weblog sendiri.
Walaupun ada pernyaratan itu pun harus bersifat positif. Jangan sampai
disalahgunakan.
5. Formatnya yang mudah diaplikasikan dan
pengelolaannya yang tidak rumit membuat media ini bisa dioperasikan oleh
siapapun.
6. Blog dapat diakses oleh siapa saja dan
dari kalangan mana saja. Tidak diperlukan kemampuan khusus teknis atau
kemampuan dasar jurnalisme untuk mempublikasikan informasi dalam weblog namun
siapa saja boleh menggunakan maupun mengoperasionalkan asalkan pengguna
benar-benar tidak buta teknologi baik itu kalangan pelajara atau non pelajar.
misalkan : tidak hanya digunakaan oleh mahasiswa ITS, tidak hanya digunakan
oleh seorang jurnalis saja.
7. Meningkatkan prestasi belajar dan
meningkatkan wawasan. melalui blog kita dapat mencari informasi apa saja yang
dibutuhkan sebagai sumber belajar.
8. Meningkatkan efisiensi pembelajaran bidang
pendidikan.
9. Dalam bidang pendidikan peran guru juga
dapat digantikan dengan adanya blog. Tidak semua hal dapat dijelaskan oleh guru
karena keterbatasan waktu, sehingga kita dapat mencari jawabannya di blog.
10. Meningkatkan rasa percaya pada diri. Blog
juga dapat kita manfaatkan untuk media publikasi karya-karya kita. Kita dapat
memposting puisi, cerpen, opini, artikel dan lain sebagainya yang nantinya akan
dinilai oleh orang lain salah satunya melalui kolom komentar. Dengan keberanian
untuk mempublikasikan karya-karya sendiri, kita merasa bangga .
Ø Kelemahan blog
1. Beberapa kelemahan blog diantaranya
adalah rentan terkena virus, hacker atau spywere.
2. Selain itu, blog juga kurang sentuhan
manusiawi, mudah disalahgunakan fungsinya, dan tulisan yang ada di dalam blog
kurang dapat dipertanggung jawabkan.
3. Rawan copy paste dalam media pembelajaran
, blog akan membuat para pendidik berkecanduan dan selalu mengandalkan blog
ketika mencari materi pelajaran. Sehingga mereka tidak bersahabat dengan
buku-buku mata pelajaran yang ada diperpustakaan.
4. Apabila sebuah postingan blog orang lain
berisi hal-hal negatif , maka akan berpengaruh negetif pula pada pengguna blog,
apalagi anak-anak yang berusia dibawa umur. Misalka : postingan video porno,
kata-kata yang kotor dan lain-lain.
Untuk itu, ada beberapa upaya agar
kekurangan ini dapat diminimalisir. Diantaranya yakni :
1. Dengan menggunakan bahasa pemograman yang
aman. Misalkan: memasukkan password yang orang lain tidak mengetahuinya,
mencantumkan nomor telefon , agar kita mengetahui jika ada orang lain yang
ingin membobol blog kita.
2. Menggunakan
desein menarik, dan memiliki control penulisan artikel yang benar.
3. Sedangkan dalam media pembelajaran , agar
para pebelajar tidak bergantung dengan blog. Maka seorang guru atau pendidik
harus memberikan saran atau batasan-batasan ketika pebelajar mendowload materi
pelajaran dalam blog pembelajaran. Sehingga referensi yang mereka miliki akan
seimbang.baik itu dari E-Learning maupun buku.
4. Orang tua disekolah (guru) maupun orang
tua dirumah harus sering-sering mengontrol blog yang dimiliki oleh seorang
anak. Misalkan : guru dengan cara
membuat komunitas blogger.
Komunitas blogger adalah sebuah ikatan
yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu,
seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya.
Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya
sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama .Untuk bisa bergabung di blogger, biasanya ada semacam syarat atau
aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan
berasal dari daerah tertentu.
G.
Jenis-jenis blog
·
Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan
berbasis blog (Seperti kampanye).
- Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman, tentang percintaan, dll.
- Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
- Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
- Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera, fashion, liputan pameran mode, dan lain-lain. Misalkan : gaya pakaian, rambut, tas dan sebagianya
- Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan bloglaws.
- Blog agama: Membahas tentang agama
- Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh dosen, guru dan pelajar.
- Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka. Misalkan jual beli hp online, laptop dan sebaginya
H. Langkah –langkah membuat Blog
Kemudian
akan muncul gambar di bawah ini.
2.
Log In
menggunakan Email Gmail dan Password yang telah miliki. (Tetapi jika anda belum
mempunyai Email Gmail , Anda harus membuatnya dulu). Kemudian klik Masuk
Setelah masuk, Anda akan diarahkan pada halaman Dasbor Blogger.
Seperti pada
gambar dibawah ini :
3.
Pada halaman Dasbor Blogger,
Anda dapat segera untuk membuat blog baru di Blogger dengan klik
tombol Blog Baru.
4.
Nanti akan muncul jendela halaman untuk
mendaftar Blog Baru. Seperti pada tampilan berikut:
5.
Isi kolom yang tersedia :
Judul :isi dengan Judul Blog yang Anda inginkan. Misal
" Oke Blog "
Alamat :isi dengan alamat blog yang Anda inginkan. Misal " okeblog "
Template : Pilih template blog yang Anda inginkan. Seperti background atau wallpapaer.
Alamat :isi dengan alamat blog yang Anda inginkan. Misal " okeblog "
Template : Pilih template blog yang Anda inginkan. Seperti background atau wallpapaer.
6.Setelah itu klik Buat Blog,
maka blog Anda telah dibuat dan siap digunakan .Setelah Jadi Blog Anda Kemudian Klik Pada
Judul Blog Anda Seperti Gambar Di Bawah Ini : Tampilannya blog sperti gambar dibawah ini :

7.Kemuadian klik gambar pena yang berguna Untuk Menulis Semua tulisan yang akan kita posting, seperti gambar dibawah ini :
Setelah itu akan muncul tampilan dasboard ketika kita ingin
menulis Seperti Gambar DiBawah Ini :
Jangan lupa isi judul postingan yang akan dipublikasikan.
Kemudian klik publikasikan, maka artikel atau data akan terpublikasikan.
(http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_tp/article/.../82)
BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
Dari beberapa penjelasan yang sudah
dibahas pada BAB II. Kami menyimpulkan bahwa :
1. Peran blog sebagai media pembelajaran
E-Learning ,itu sangat penting karena untuk meningkatkan pengetahuan dan
wawasan pelajar akibat terbatasnya buku materi penunjang pembelajaran.
2. Sejarah pada awal munculnya Blog berbasis internet itu secara bertahap
yang dilouncingkan erusahaan Silicon Valley bernama Pyra
Lab. Sehingga populer samapi sekarang dan bermanfaat untuk semua penggunanya. Apa pengertian blog dan apa saja jenis-jenis blog?
3. Pengertian Blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat
sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Begitu juga
jenis-jenis blog juga beragam jenisnya mulai dari pendidian, bisnis,
agama dll.
4. Manfaat dan fungsi blog sebagai media
pembelajaran sangat banyak sekali, tidak hanya berfungsi dalam dunia pendidikan
, namun juga berfungsi dalam dunia bisnis secara umum. Karena blog disediakan
untuk semua kalangan masyarakat
5. Selain memiliki kelelebihan dalam
menggunakan Blog sebagai media pembelajaran E-Learning , Blog
juga memiliki kelemahan.Apabila blog disalahgunakan oleh penggunanya dalam hal
yang negatif, maka blog tersebut akan memiliki kelemahan. Pada intinya semua
media pembelajaran memiliki kelemahan dan kelebihan. Tidak ada media
pembelajaran yang tidak memiliki kelemahan. Kelemahan dan kelbihan media
pembelajaran tergantung pada SK dan KD pembelajaran yang terapkan ,apabila SK
dan KD pembelajaran tersebut sesuai dengan media pembelajaran yang digunakan
maka media pembelajaran tersebut berfungsi dengan baik, tetapi jika SK dan KD
pembelajaran tersebut tidak sesuai dengan media pembelajaran yang digunakan
maka media pembelajaran tersebut juga tidak berfungsi dengan baik.
6. Pada dasarnya langkah-langkah membuat Blog atau blogger.
Seseorang harus mempunyai akun Email Gmail. Bukan berformat Yahoo atau
Rocketmail.com.
B.
Saran
Kami sebagai penulis makalah menyadari bahwa
makalah ini belum sempurna dan masih banyak kekurangan. Maka kami mengharapkan
saran dari segi positif agar makalah ini
dijadikan sebagai bahan tolak ukur untuk kedepannya.
DAFTAR PUSTAKA
Djamarah
Syaiful Bahri ,Zain Aswan. 2010.Strategi
belajar mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Heinin,
Molenda, Russell, dan Smaldino.2002. Media pembelajaran.Jakarta:Dian rakyat.
Aunurrahman.2012.Belajar dan
Pembelajaran.Bandung :ALFABETA
Palazon, 2000 dalam http://dowaen.wordpress.com/blog-sebagai-media-belajar-by-okta. diakses tanggal 15 Mei
2015).
(Reiser & Dempsey, 2002 dalam
http://dowaen.wordpress.com/blog-sebagai-media-belajar-by-okta diakses tanggal 15 Mei
2015).
(http://aguspur.staff.uns.ac.id/files/.../blog-sebagai-media-pembelajaran2.pdf)
(http://teknologi.kompasiana.com/internet/2011/01/19/pengertian-dan-sejarah-blog-334350.html diakses tanggal 15 Mei
2015)
(www.academia.edu/3626399/Blog_sebagai_media_pembelajaran)
(http//:www.wikipedia.com diakses
tanggal 17 Mei 2015)
(http//:e-journaldigilib.uin
suka.ac.id//BAB%20I,%20V,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf)
(http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_tp/article/.../82 diakses tanggal 18 Mei 2015)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
MA Negeri 1 Nusa Bangsa
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
XI (Sebelas) / 1 (satu)
Tahun Pelajaran : 2015-2016
Pertemuan ke :
3 (tiga)
Alokasi
Waktu : 2 X 45 menit
(1 kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi :
3.1
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring
B. Aspek : Membaca.
C.
Kompetensi Dasar :
3.1Menemukan
perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif dan
membaca nyaring
D.Indikator
Indikator
|
Nilai Karakter
|
- Mampu membedakan
parafgraf deduktif dan induktif
- Mampu mengidentifikasi ciri-ciri
paragraf deduktif dan induktif
- Mampu menemukan kalimat
utama dan kalimat penjelas pada artikel atau media cetak, internet
(elektronik)
-Mampu membuat paragraf
deduktif dan induktif dengan bahasa sendiri serta menemukan kalimat utama dan
kalimat penjelas
|
-aktif
-kreatif
-tanggungjawab
-berani
-komunikatif
|
E.Tujuan Pembelajaran
-
Siswa mampu membedakan parafgraf deduktif dan induktif
-
Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri paragraf deduktif dan induktif
-
Siswa mampu menemukan kalimat utama dan kalimat penjelas pada artikel atau
media cetak, internet (elektronik)
-
Siswa mampu membuat paragraf deduktif dan induktif dengan bahasa sendiri serta
menemukan kalimat utama dan kalimat penjelas .
F.Materi Pembelajaran
1)Pengertian paragraf
Paragraf adalah susunan dari bebrapa kalimat yang
terjalin utuh , mengandung sebuah makna dan didalamnya terdapat gagasan utama.
Paragraf dilihat dari letak kalimat utamanya
dibedakan menjadi 2 :
-
Paragraf deduktif
-
Paragraf induktif
2)Pengertian paragraf deduktif dan induktif
Paragraf deduktif adalah parafraf yang kalimat utamanya terletak
diawal paragraf dan dilengkapi dengan
kalimat penjelas sebagai pelengkapnya. Sedangkan
Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di
akhir paragraf yang merupakan kesimpulan dari paragraf itu sendiri.
3)Pengertian kalimat utama dan kalimat
penjelas
Kalimat Utama adalah kalimat yang mengandung gagasan utama yang bersifat umum merangkum seluruh gagasan
yang ada pada suatu paragraf
Kalimat penjelas adalah gagasan yang menjelaskan suatu kalimat
utama. Penjelasan dapat berupa uraian-uraian, contoh-contoh,
ilustrasi-ilustrasi dan sebagainya.
4)
Ciri-ciri paragraf deduktif dan induktif :
Ciri-ciri
paragraf deduktif
1. Letak kalimat utamanya di awal paragraf
2. Diawali dengan pernyataan umum disusul dengan uraian
atau penjelasam khusus
3. Diakhiri dengan penjelasan
Ciri-ciri paragraf induktif :
1.Letak kalimat
utamanya diakhir paragraf
2. diawali dengan
uraian atau penjelasan yang bersifat
khusus dan diakhiri dengan pernyataan umum
3. parafraf indukif
diakhiri dengn kesimpulan
5)Contoh paragraf deduktif dan induktif
Contoh
paragraf deduktif
Pos kesehatan dipasar itu memang dikhususkan
melayani pedagang dan pembeli. Pedagang tidak
akan khawatir meninggalkan dagangannya karena tempat berobst masih dekat di
kawasan pasar. Mereka dapat antre saat pembeli dagangannya sepi .”kebanyakan
periksa gula dan remantik , mayoritas pasienya berusia tua,”papar Yayuk”
Yang merupakan kalimat utama: Pos kesehatan dipasar itu memang dikhususkan
melayani pedagang dan pembeli.
Kalimat
penjelas : Pedagang tidak
akan khawatir meninggalkan dagangannya karena tempat berobst masih dekat di
kawasan pasar. Mereka dapat antre saat pembeli dagangannya sepi .”kebanyakan
periksa gula dan remantik , mayoritas pasienya berusia tua,”papar Yayuk”
Contoh
paragraf induktif
Narkoba memiliki efek candu yang sangat kuat dan
jenis-jenis narkoba tersebut ada yang dapat
menyebabkan gairah meningkat , detak jantung meningkat, , dan kondisi
tertentu dapat menyebabkan overdosis dan
kematian. Menghindari narkoba adalah harga mati karena sangat berbahaya bagi
kesehatan.
Yang merupakan kalimat utama : Menghindari narkoba adalah harga mati karena
sangat berbahaya bagi kesehatan
Kalimat
penjelas : Narkoba
memiliki efek candu yang sangat kuat dan jenis-jenis narkoba tersebut ada yang
dapat menyebabkan gairah meningkat ,
detak jantung meningkat, , dan kondisi tertentu dapat menyebabkan
overdosis dan kematian.
G. Model Pembelajaran
Cooperative integrated reading and composition (Circ)
(Kooperatif Terpadu Membaca Dan Menulis)
Langkah-langkah :
1. Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara
heterogen
2. Guru memberikan wacana sesuai dengan topik
pembelajaran yang ada di blog guru tersebut
3. Peserta didik bekerja sama saling membacakan dan
menemukan kalimat utama dan penjelas dan
memberi tanggapan terhadap wacana yang ada pada sebuah blog atau E-Learning.
4. Setelah selesai siswa mempresentasikan/membacakan
hasil kelompok
5. Guru membuat kesimpulan bersama
6. Penutup
H. Metode Pembelajaran
1.
Pembelajaran langsung
2.
Penugasan
3.
Diskusi
4.
Presentasi
I. Langkah – langkah Pembelajaran.
No.
|
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
1.
|
Eksplorasi
a) Kegiatan awal
a.
Salam
b.
Doa
c.
Presensi
d.
Guru menginformasikan kompetensi yang akan
dikembangkan yaitu aspek membaca dalam KD perbedaan paragraf induktif dan deduktif
melalui kegiatan membaca intensif dan membaca nyaring
e.
Guru menanyakan menggali pengalaman siswa
mengenai materi paragraf deduktif dan induktif.
f.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
2.
|
Penugasan
b)
Kegiatan inti
a. Guru
menjelaskan secara singkat dan jelas mengenai paragraf deduktif dan induktif
b. Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4-5
orang/lebih
c. masing-masing
kelompok membaca artikel dari media
internet atau blog pembelajaran bertema pendidikan kurikulum 2013 yang di
sudah diakses di sekolah, rumah, atau warnet )
d. Setiap
kelompok mengerjakan sesuai dengan intruksi yang disampaikan oleh guru
e. Setiap
kelompok membagi pengerjaan tugas dengan mengadakan diskusi antar teman
sekelompok mencari informasi penting yang telah dibaca
f. Setiap
kelompok menghasilkan sebuah hasil diskusi mengenai isi artikel yang dibaca
g. Salah
satu perwakilan kelompok menyampaikan hasil kerja kelompoknya.
h. Kelompok
lain memperhatikan salah satu kelompok yang memresentasikan hasil diskusinya.
|
70 menit
|
3
|
Refleksi
c.Kegiatan akhir
a.
Guru menanyakan kesulitan-kesulitan yang
dialami siswa dan hal-hal apa saja yang siswa dapatkan dari pembelajaran
tersebut.
Evaluasi
b.
Guru mengevaluasi dan menyimpulkan apa yang
telah dipelajari.
c.
Guru menugasi siswa untuk
mempelajari pembelajaran berikutnya. (kreatif, tanggung jawab, mandiri)
|
15 menit
|
J.Media
-Blog pembelajaran
(E-Learning) bertema pendidikan kurikulum 2013
K.Sumber
- LKS
Bahasa Indonesia kelas XI semester 1
- Internet
tentang blog pembelajaran
- Sumber
lain ( referensi buku lain)
L. Penilaian
a. Penilaian
Proses
Penilaian
proses digunakan untuk mengukur tingkat keseriusan dan keaktifan siswa dalam
mengikuti pembelajaran.
Jenis tagihan : Tugas kelompok
Bentuk
Soal /intrumen : uraian
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Sangat baik
|
baik
|
sedang
|
Kurang baik
|
1. Memperhatikan penjelasan guru saat
menjelaskan materi mengenai paragraf deduktif dan induktif
2. Berani menjawab pertanyaan guru saat tanya
jawab
3. Berani
dan sopan berkonsultasi/bertanya kepada
guru tentang hasil kerjanya.
4. Aktif
mengerjakan tugas dalam proses KBM.
a)Setiap kelompok berdiskusi mengerjakan
tugas untuk mengidentifikasi paragraf deduktif dan paragfraf induktif pada sebuah artikel.
5. Mengumpulkan
tugas/hasil kerja tepat waktu.
|
Keterangan
:
Aspek penilaian di isi dengan kategori :
A: Sangat baik
B: Baik
C : Sedang
D: Kurang baik
d.
Penilaian Hasil
Jenis
tagihan : Tugas individu
Bentuk
Soal /intrumen : uraian
Nama Siswa
|
Aspek
Penilaian
|
Tepat
|
hampir
Tepat
|
Tidak
tepat
|
Tidak dijawab
|
Nilai maksimal
|
Bacalah artikel berikut ini !
1. Temukan
kalimat utama dan kalimat penjelas pada tiap-tiap paragraf di artikel/media
cetak yang sudah kalian baca kemudian
identifikasikan jenis paragrafnya
2. Buatlah paragfraf induktif dan deduktif
dengan bahasamu sendiri kemudian temukan kalimat utama dan kalimat
penjelasnya
|
60
40
|
30
15
|
5
5
|
0
0
|
60
40
|
|
Jumlah skor
|
100
|
Kriteria penilaian
|
1.Dapat
mengidentifikasi paragraf deduktif dan induktif dengan tepat
|
2.Dapat menemukan
kalimat utama dan penjelas dengan tepat
|
3.Dapat membuat paragraf deduktif dan iduktif dengan tepat
|
Keterangan
:
KKM : 75
A : Sangat baik
=
Skor 95-100
B:
Baik = Skor 75- 94
C : Tidak baik = Skor 0-74
|
Kunci Jawaban
Jawaban
diserahkan pada kebijakan guru
M. Pengayaan dan Remidi
Diberikan untuk siswa yang belum tuntas dalam
pembelajaran KD ini.
Mengetahui
Jombang, 25 Februari 2015
Kepala Sekolah,
Guru
Mata pelajaran
Eva Eri Dia, M,Pd
Vivit Zulia Anggraini
NIP.123456789 NIP: 126747
Tidak ada komentar:
Posting Komentar