MAKALAH
“Pemanfaatan Media Visual Dalam
Pembelajaran“
Mata Kuliah pembelajaran multimedia
Oleh :
Alima
(126741)
Susi Susanti (126761)
Nur Rohman W. (126745)
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA 2012_B
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
JOMBANG
2015
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Di era globalisasi ini pendidikan merupakan salah satu investivasi panjang
karena proses dari pendidikan itu sendiri akan dirasakan baik untuk saat ini
maupun masa yang akan datang. Pendidikan tidak akan terlepas dari peranan media
dalam pemanfaatannya di dunia pendidikan. Kita sadari semakin banyak saluran
informasi dalam berbagai bentuk media.yang mana pengertian media itu sendiri
adalah perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan. Dalam
pendidikan, media diartikan sebagai komponen sumber belajar atau wahana fisik
yang mengandung materi intruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang
siswa untuk belajar.
Akan tetapi dalam kenyataannya banyak pendidik yang belum menggunakan media
pembelajaran, padahal dengan menggunakan media pembelajaran siswa akan lebih
mudah menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru, tidak itu saja peserta
didik juga lebih antusias mengikuti pembelajaran karena dalam sistem pendidikan
modern, fungsi pendidik sebagai penyampai pesan-pesan pendidikan tampaknya
perlu dibantu dengan media pembelajaran, agar proses belajar mengajar dan
proses pendidikan pada umumnya dapat berlangsung secara efektif dan efisien.
Dalam makalah ini kami membahas tentang salah satu media pembelajaran yaitu
media visual. Media visual merupakan media yang memberikan gambaran menyeluruh
dari yang konkrit sampai dengan abstrak. Media visual ini lebih bersifat realistis
dan dapat dirasakan oleh sebagian besar panca indera kita khususnya indera
penglihatan. Manfaat yang kita dapat dalam penggunaan media ini adalah
pemakaiannya yang efektif dan efisien, praktis, dan lebih cepat dipahami oleh
peserta didik.
B. Rumusan Masalah
1.
Bagaimanakah peran media visual dalam pembelajaran?
2.
Apa saja fungsi dari media pembelajaran visual?
3.
Apa saja prinsip dari media pembelajaran visual?
4.
Apa saja macam-macam media pembelajaran visual?
5.
Bagaimanakah langkah-langkah menggunakan media visual?
6.
Apa kelebihan dan kekurangan dari media pembelajaran
visual?
C. Tujuan
1.
Mengetahui peran media visual dalam pembelajaran.
2.
Mengetahui fungsi media pembelajaran visual.
3.
Mengetahui prinsip-prinsip media visual.
4.
Mengetahui macam-macam media pembelajaran.
5.
Mengetahui langkah-langkah penggunaan media visual.
6.
Mengetahui kelebihan dan kekurangan media visual.
BAB
II
PEMBAHASAN
Media berasal dari bahasa latin
merupakan bentuk jamak dari “Medium”
yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau
pengantar sumber pesan dengan penerima pesan. Dalam pendidikan, media diartikan
sebagai komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi
intruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.
Sedangkan media pembelajaran visual itu sendiri merupakan penyampaian pesan
atau informasi secara teknik dan kreatif yang mana menampilkan gambar, grafik
serta tata dan letaknya jelas,sehingga penerima pesan dan gagasan dapat diterima
sasaran.
Apabila dikaitkan antara media
visual dan pembelajaran maka pembelajaran itu akan menarik, efektif dan efesien
karena peserta didik terutama siswa sekolah dasar masih berfikir konkrit, semua
yang guru utarakan atau sampaikan harus dibuktikan sendiri dengan mata mereka.
Media visual merupakan sumber belajar yang berisikan pesan atau materi
pelajaran yang dibuat secara menarik dalam bentuk kombinasi gambar, teks,
gerak, dan animasi yang disesuaikan dengan usia peserta didik sehingga
pembelajaran akan menyenangkan dan tidak menjenuhkan.
Media visual
adalah media yang memberikan gambaran menyeluruh dari yang konkrit sampai
dengan abstrak. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa media visual merupakan
salah satu media untuk pembelajaran. Media bersifat realistis dan dapat
dirasakan oleh sebagian besar panca indera kita terutama oleh indera
penglihatan.
A. Peran
Media Visual Dalam Pembelajaran dalam http://ceva24chandra.blogspot.
Media pembelajaran visual telah
terbukti lebih efisien dalam melakukan komunikasi antara pendidik dengan
peserta didik. Dapat kita simpulkan bahwa media pembelajaran visual (seperti
gambar diam, gambar bergerak, televise, objek tiga dimensi, dll) mempunyai
hubungan positif yang cukup tinggi. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa
media pembelajaran visual merupakan media pembelajaran yang cukup baik dan
efisien.
B.
Fungsi Media Visual
Levie
& Lentz (1982) dalam buku Prof. Dr. Azhar Arsyad, M. A (2011 : 16-17)
mengemukakan fungsi media visual sebagai berikut.
1.
Fungsi atensi
media visual merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhataian siswa
untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visal
yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
2.
Fungsi afektif media
visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar (atau
membaca) teks yang bergambar. Gambar atau lambang visual dapat menggugah emosi
dan sikap siswa, misalnya informasi yang menyangkut masalah sosial atau ras.
3.
Fungsi kognitif media
visual terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang
visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat
informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
4.
Fungsi kompensatoris media
pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang memberikan
konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk
mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali. Dengan kata
lain, media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasikan siswa yang lemah dan
lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau
disajikan secara visual.
C.
Prinsip Media Visual
Menurut
Prof. Dr. Azhar Arsyad, M. A. (2011 : 92-93) ada beberapa prinsip umum
yang perlu diketahui untuk penggunaan efektif
media berbasis visual sebagai berikut.
1.
Usahakan visual itu sederhana mungkin
dengan menggunakan gambar garis, karton, bagan, dan diagram. Gambar realitistis
harus digunakan secara hati-hati karena gambar yang amat rinci dengan realisme
sulit diproses dan dipelajari bahkan seringkali mengganggu perhatian siswa
untuk mengamati apa yang seharusnya bdiperhatikan.
2.
Visual digunakan untuk menekankan
informasi sasaran (yang terdapat teks) sehingga pebelajarn dapat dilaksanakan
dengan baik.
3.
Gunakan grafik untuk menggambarkan
ikhtisar keseluruhan materi sebelum menyajikan unit demi unit pelajaran untuk
digunakan oleh siswa mengorganisasikan informasi.
4.
Ulangi sajian visual dan libatka siswa
untuk meningkatkan daya ingat. Meskipun sebagian visual dapat dengan mudah
diperoleh informasinya, sebagian lagi memerlukan pengamatan denga hati-hati.
Untuk visual yang kompleks siswa perlu diminta untuk mengamatinya, kemudian
mengungkapkan sesuatu mengenai visual tersebut setelah menganalisis dan
memikirkan informasi yang terkandung dalam visual itu. Jika perlu, siswa
diarahkan kepada informasi penting secara rinci.
5.
Gunakan gambar untuk melukiskan
perbedaan konsep-konsep, misalnya dengan menampilkan konsep-konsep yang
divisualkan itu secara berdampingan.
6.
Hindari visual yang tek-berimbang.
7.
Tekankan kejelasan dan ketepatandalam
semua visual
8.
Visual yang diproyeksikan harus dapat
terbaca dan mudah dibaca.
9.
Visual, khususnya diagram, amat membantu
untuk mempelajari materi yang agak kompleks.
10.
Visual yang dimaksudkan untuk
mengkomunikasikan gagasan khusus akan efektif apabila :
a. Jumlah
objek dalam visual yang akan ditafsirkan dengan benar dijaga agar terbatas
b. Jumlah
aksi terpisah yang penting, yang pesan-pesannya harus ditafsirkan dengan benar
sebaiknya terbatas, dan
c. Semua
objek dan aksi yang dimaksudkan dilukiskan secara realistik sehingga tidak
terjadi penafsiran ganda.
11.
Unsur-unsur pesan dalam visual itu harus
ditonjolkan dan dengan mudah dibedakan dari unsur-unsur latar belakang untuk :
a.
Menambah informasi yang sulit
diinformasikan secara visual, seperti lumpur, kemiskinan, dan lain-lain,
b.
Memberi nama orang, tempat atau objek,
c.
Menghubungkan kejadian atau aksi dalam
lukisan dengan visual sebelum atau sesudahnya, dan
d.
Menyatakan apa yang orang dalam gambar
itu sedang kerjakan, pikirkan, atau katakan.
e.
Warna harus digunakan secara realistik
f.
Warna dan pemberian bayangan digunakan
untuk mengarahkan perhatian dan membedakan kompone-komponen.
D .
Macam-Macam Media Visual dalam Bachtiar 1984 : 29
1) Gambar/foto.
Melalui
gambar dapat mengalihkan pengalaman belajar dari taraf belajar dengan lambang
kata-kata ke taraf yang lebih kongkrit. Misalnya guru akan menjelaskan
terjadinya letusan gunung berapi, maka pembelajar akan lebih mudah menangkap gambar daripada uraian guru. Selain dapat menggambarkan berbagai hal, gambar mudah diperoleh dari
majalah, koran, bulletin, dan lain-lain.
Kalau terpaksa tidak dapat menggambar dengan bagus guru dapat menggambar dengan
sederhana, misalnya gambar dengan bentuk-bentuk seperti tongkat/garis-garis/gambar
corek. Adapun
kelebihan dan kelemahan menggunakan gambar atau foto sebagai berikut.
Ø Kelebihan
gambar antara lain :
a) Dapat
menerjemahkan ide-ide abstrak ke dalam bentuk yang lebih nyata.
b) Banyak tersedia
dalam buku-buku.
c) Sangat
mudah dipakai karena tidak membutuhkan peralatan.
d) Relatif tidak
mahal.
e) Dapat
dipakai untuk berbagai tingkat pelajaran dan bidang studi.
Ø Kelemahan gambar antara lain:
a) Kadang-kadang
terlampau kecil untuk ditunjukkan di kelas yang besar.
b) Gambar
mati adalah gambar dua dimensi. Untuk menunjukkan dimensi yang ke tiga
(kedalam benda), harus
digunakan satu seri gambar dari objek yang sama tetapi dari sisi
yang berbeda.
c) Tidak
dapat menunjukkan gerak.
d) Pembelajar
tidak selalu mengetahui bagaimana membaca gambar.
2) Sketsa
Sketsa adalah
gambar sederhana atau draft kasar yang melukiskan bagian pokok tanpa detail
sehingga dapat menarik perhatian siswa.
3) Poster
Poster merupakan suatu gambar
yang mengkombinasikan unsur-unsur visual
seprti garis, gmbar, dan
kata-kata yang bermaksud menarik perhatian serta mengkomunikasikan pesan secara singkat. Agar lebih efektif poster
seharusnya berwarna dan menimbulkan daya tarik dengan maksud menjangkau
perhatian dan menghubungkan pesan-pesannya dengan cepat. Dalam proses
pembelajaran, poster dapat menimbulkan perhatian siswa. Misalnya untuk mengenalkan suatu topik atau materi baru, sebagai peringatan untuk hal-hal yang berbahaya, seperti
praktikum dengan bahan-bahan kimia, listrik dengan tegangan tinggi, dapat
diberikan melaluai suatu poster. Adapun manfaat poster sebagai berikut.
a)
Sebagai
peggerak perhatian, misalnya dibawah gambar tong sampah ditulis
jagalah kebersihan.
b)
Sebagai
petunjuk, misal poster peristiwa dengan gambar candi Borobudur
disertai tulisan à 10km, maksudnya letak candi tersebut 10 km dari tampat poster dipasang.
c) Sebagai
peringatan, misal awas meledak.
d)
Pengalaman kreatif, missal poster untuk pameran atau pertunjukan
e) Untuk
kampanye.
4) Diagram/skema
gambar sederhana yang menggunakan garis dan simbol untuk menggambarkan struktur dari obyek
tertentu secara garis besar. Misal untuk
mempelajari organisasi kehidupan dari sel sampai organisme.
5) Bagan/chat
menyajikan ide atau konsep yang sulit sehingga lebih mudah dicerna siswa.
Selain itu bagan mampu memberikan ringkasan butir-butir penting dari penyajian.
Dalam bagan sering dijumpai bentuk grafis lain, seperti : gambar, diagram,
kartun, atau lambang verbal.
6) Grafik
Grafik merupakan pemakaian lambang-lambang visual untuk menjelaskan data statistic. Untuk mempermudah pengertian siswa, deretan angka-angka dapat digambarkan dengan lambang-lambang visual seperti garis-garis, titik-titik, gambar atau
bentuk-bentuk tertentu sehingga menarik dan mudah dimengerti.
7) Peta
Peta adalah gambar yang
menjelaskan permukaan bumi atau beberapa bagian bumi, yang menunjukan urutan
dan posisi relative, menurut skala yang digambarkan.
8) Realia dan model
Realia atau disebut juga objek
adalah benda yang sebenarnya dalam bentuk utuh. Misalnya: orang, binatang,
rumah, dan sebagainya. Model adalah media tiga dimensi yang mewakili benda yang
sebenarnya. Benda tiga dimensi adalah benda yang mempunyai ukuran panjang,
lebar, dan isi (tinggi). Suatu model mungkin lebih besar, lebih kecil, atau
sama dengan benda sebenarnya yang diwakili. Mungkin lebih lengkap, terinci atau
lebih sederhana sesuai dengan tujuan
pebelajaran yang telah ditetapkan.
9) Berbagai jenis papan
Papan untuk pembelajaran yang sudah lama dipakai adalah papan tulis yang
berwarna hitam atau kadang-kadang hijau tua, yang banyak dipakai oleh guru
untuk membantu penjelasan-penjelasan yang disampaikan secara lisan.
a.
Persiapan sebelum menggunakan media
Ø Mempelajari
petunjuk penggunaan media yang akan digunakan
Ø Semua peralatan yang akan digunakan perlu
disiapkan sebelumnya , sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran tidak akan
terganggu oleh hal-hal yang bersifat teknis.
Perhatikan pengaturan ruang maupun pebelajar , bila media akan digunakan secara kelompok, penempatan media diatur sedemikian rupa sehingga memungkinkan semua pebelajar untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik.
Perhatikan pengaturan ruang maupun pebelajar , bila media akan digunakan secara kelompok, penempatan media diatur sedemikian rupa sehingga memungkinkan semua pebelajar untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik.
b.
Pelaksanaan penggunaan media
Pada saat kegiatan belajar dengan menggunakan media berlangsung, hendaknya dijaga agar suasana tetap terjaga . Keadaan tenang tidak berarti pebelajar harus duduk diam , yang penting perhatian pebelajar tetap terjaga.
Pada saat kegiatan belajar dengan menggunakan media berlangsung, hendaknya dijaga agar suasana tetap terjaga . Keadaan tenang tidak berarti pebelajar harus duduk diam , yang penting perhatian pebelajar tetap terjaga.
F. Kelebihan Dan Kekurangan Media Visual
a.
Kelebihan media visual
Media adalah sumber informasi utama bagi semua orang, namun setiap media tentu
mempunyai kelebihan, adapun kelebihan dari media visual menurut (Arief 1984 :29-31) sebagai berikut.
1.
Media bersifat konkrit, lebih realistis dibandinakan
dengan media verbal atau
non verbal sehingga lebih memudahkan
dalam pengaplikasiannya.
2.
Beberapa penelitian membuktikan bahwa pembelajaran
yang diserap melalui pengelihatan (media visual), terutama media visual yang
menarik dapat mempercepat daya serap peserta didik dalam memahami pelajaran
yang disampaikan.
3.
Media visual dapat mengatasi keterbatasan pengalaman
yang dimiliki oleh para peserta didik dan dapat melampaui batasan ruang kelas.
Melalui penggunaan media visual yang tepat, maka semua obyek itu dapat
disajikan kepada peserta didik.
4.
Lebih efektif
dan efisien dibandingkan media verbal lainnya karena jenisnya beragam, pendidik
dapat menggunakan semua jenis visual yang ada. Hal ini dapat menciptakan
sesuatu yang variatif dan tidak membosankan bagi peserta didik.
5.
Penggunaannya praktis, maksudnya media visual ini
mudah dioperasikan oleh setiap orang.
b.
Kekurangan media visual
Adapun penggunaan media visual terdapat kelebihan yang telah dijelaskan
diatas, namun media visual juga memiliki kekurangan, adapun kekurangan media
visual menurut http://septimartiana sebagai
berikut.
1. Lambat dan
kurang praktis.
2. Tidak adanya
audio, media visual hanya berbentuk tulisan tentu tidak
dapat didengar sehingga materinya kurang mendetail.
3. Visual yang
terbatas, media ini hanya dapat memberikan visual berupa
gambar yang mewakili isi berita.
4. Produksi,
biaya produksi cukup mahal karena media cetak harus menyetak
dan mengirimkannya sebelum dapat
dinikmati oleh masyarakat.
BAB III
PENUTUP
A. SIMPULAN
Media pembelajaran visual telah
terbukti lebih efisien dalam melakukan komunikasi antara pendidik dengan
peserta didik. Media visual adalah media yang memberikan gambaran menyeluruh
dari yang konkrit sampai dengan abstrak.
Media pembelajaran visual telah
terbukti lebih efisien dalam melakukan komunikasi antara pendidik dengan
peserta didik. Dapat kita simpulkan bahwa media pembelajaran visual (seperti
gambar diam, gambar bergerak, televise, objek tiga dimensi, dll) mempunyai
hubungan positif yang cukup tinggi. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa
media pembelajaran visual merupakan media pembelajaran yang cukup baik dan
efisien.
Media visual mempunyai beberaapa
prinsip, adapun fungsi dari media visual meliputi fungsi
atensi, fungsi afektif, Fungsi
kogniti , fungsi
kompensatori.
Media visual mempeunyai beberaapa jenis seperti gambar, poster, diagram, garafik, peta, relia,
berbagai jenis papan. Dalam setiap jenis media visual mempunyai kekurangan dan
kelebihan.
Dalam setiap menggunakan media khisusnya media visual ada beberapa langkah
yaitu Persiapan sebelum menggunakan media yang meliputi: pertama semua
peralatan yang akan digunakan perlu disiapkan, Perhatikan pengaturan ruang
maupun pebelajar , bila media akan digunakan secara kelompok, penempatan media
diatur sedemikian rupa sehingga memungkinkan semua pebelajar untuk mengikuti
kegiatan pembelajaran dengan baik.yang kedua yaitu pelaksanaan penggunaan media.
Setiap media pembelajaran tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan,
begitupun juga dengan media visual yang memiiki kelebihan dan kekurangan adapun
kelebihan dan kekurangan mediavisual.
a. Kelebihan
media visual
a.
Media bersifat konkrit
b.
mempercepat daya serap peserta didik dalam memahami
pelajaran yang disampaikan.
c.
Lebih efektif dan efisien dibandingkan media verbal
lainnya
b. Kekurangan media visual
1. Lambat dan
kurang praktis.
2. Tidak adanya
audio, media visual hanya berbentuk tulisan tentu tidak
dapat didengar sehingga materinya kurang mendetail.
3. Visual yang
terbatas, media ini hanya dapat memberikan visual berupa
gambar yang mewakili isi berita.
4. Produksi,
biaya produksi cukup mahal karena media cetak harus menyetak
dan mengirimkannya sebelum dapat
dinikmati oleh masyarakat.
B. DAFTAR
PUSTAKA
Arief S
Sadiman dkk.1984.Media Pendidikan.
Jakarta : Rajawali Pers.
Arsyad M.A
Azhar, Prof. Dr. 2011. Media Pembelajaran.
Jakarta : Rajawali Pers.
(Diunduh pada tanggal 11
Maret 2015 jam 15.00 WIB)
(Diunduh pada tanggal 11
Maret 2015 jam 15.00 WIB)
(Diunduh
pada tanggal 11 Maret 2015 jam 15.00 WIB)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar